ads

Ratusan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Cirebon


Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, diterjang bencana angin puting beliung sekitar pukul 16.15 WIB yang merusak ratusan rumah warga, bencana tersebut juga menewaskan seorang bocah dan melukai sejumlah warga lainnya.

Rumah warga yang rusak itu, dua di antaranya mengalami ambruk. Salah satunya merupakan milik orang tua dari bocah bernama Herdi (3 tahun). Herdi merupakan korban tewas dalam bencana tersebut.

Selain menewaskan Herdi, lanjut Eman, bencana angin puting beliung itu juga membuat 18 orang warga terluka. Bahkan, adapula dua orang warga yang mengalami depresi.

Koordinator Lapangan BPBD Kabupaten Cirebon, Fauzan menjelaskan, personil gabungan dari BPBD Kabupaten Cirebon, PMI Kota Cirebon, Koramil, Polres Kabupaten Cirebon telah berada di lokasi bencana. Para personil itu melakukan evakuasi dan membantu warga yang menjadi korban.

Untuk memudahkan penanganan, warga yang menjadi korban diungsikan sementara ke Masjid Baiturrahman dan posko kesehatan di Puskesmas Panguragan. ‘’Kami sudah ungsikan warga. Petugas juga disiagakan untuk membantu warga,’’ tukas Fauzan.

Sebelumnya, Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, telah mengimbau masyarakat di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) untuk mewaspadai angin kencang. Angin kencang tersebut juga berpotensi menimbulkan gelombang tinggi di perairan Indramayu dan Cirebon hingga sekitar tiga meter. Untuk itu, dia meminta agar nelayan, terutama yang menggunaan perahu kecil, agar tidak memaksakan diri untuk melaut dalam kondisi seperti ini.








Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/12/30/pkk0r0368-angin-puting-beliung-merusak-ratusan-rumah-di-cirebon

0 comments:

Post a Comment